My BLOG
this site the web

Minggu, 20 Desember 2009

Kuliner Terkenal dari Kota Semarang




Kuliner khas Kota Semarang




Semarang, kota Atlas, kotaku merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Tidak hanya itu, Semarang juga kota yang memiliki banyak makanan atau kuliner khas . Adapun makanan atau kuliner yang menjadi ciri khas kota Semarang dan kebanggaan serta kuliner yang selalu dicari dan tidak lupa untuk dijadikan oleh-oleh yakni lunpia, bandeng presto dan juga wingko babat.

Lunpia

Lunpia, makanan yang satu ini pasti sudah dikenal oleh hampir sebagian besar orang terlebih lagi orang Semarang. Makanan yang berbahan baku rebung atau bambu muda ini memang makanan khas kota Semarang. Meskipun banyak di daerah lain juga ada yang memproduksinya, tetapi Lunpia Semarang memiliki rasa tersendiri yang khas dan sulit untuk dilupakan.

Lunpia merupakan makanan yang berbahan dasar rebung alias bambu muda yang juga dilengkapi dengan telur, udang dan / atau ayam sebagai isiannya yang kemudian dibungkus dengan kulit lunpia yang berasal dari tepung. Lunpia juga dapat dinikmati dalam dua sajian yaitu lunpia basah alias tidak digoreng dan yang digoreng.

Selain sebagai kuliner khas dari kota Semarang, lunpia juga merupakan oleh-oleh khas dari kota Semarang. Oleh sebab itu, jika ingin merasakan lunpia dengan cita rasa yang khas segeralah datang dan berkunjung ke Semarang. ^o^




Wingko Babat

Wingko babat atau lebih sering disebut wingko juga merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Selain itu juga merupakan salah satu oleh - oleh dari kota Semarang. Makanan yang berbahan baku kelapa ini telah banyak perkembangan dan perubahan yang dialami. Waduuhh!! Gimana tu maksudnya……
Wingko dahulu hanya bercita rasa kelapa saja. Tetapi sekarang banyak wingko yang bermunculan dengan cita rasa kelapa sebagai rasa asli yang tidak akan ditinggalkan tetapi ditambah dengan cita rasa lain, seperti dengan rasa nangka, coklat, dan masih banyak yang lain. Itu Maksudnya……!!!
Salah satu penyedia wingko babat yang terkenal di Semarang terletak di jalan Cendrawasih disekitar bundaran Bubakan yang terkenal dengan wingko babat cap kereta api.

Bandeng Presto

Bandeng presto adalah makanan khas daerah Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam yang kemudian dimasak dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panic presto yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panic presto ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Ikan bandeng terkenal sebagai ikan yang memiliki banyak duri. Tetapi dengan cara memasak presto ini maka duri-duri tersebut akan menjadi lunak sehingga dapa dimakan juga dan tidak takut tertusuk duri.

Banyak dapat kita jumpai tempat yang berjualan bandeng presto di Semarang. Salah satu tempat yang terkenal adalah bandeng Juwana yang terletak di jalan Pandanaran.

Yah itulah sekilas seputar makanan atau kuliner khas dari kota Semarang yang sekaligus juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Semarang. Jika mencari makanan yang enak kita dapat mendatangi tempat terkenal yang telah disebutkan tadi. Tetapi jika tidak ingin repot, kita juga dapat berkunjung ke jalan Pandanaran dimana disana juga dapat kita temukan makanan-makanan tadi sekaligus berbelanja oleh-oleh yang lain.Semoga artikel ini dapat menjadi panduan belanja oleh-oleh khas dari kotaku, Semarang……

1 komentar:

  1. HAloo, salam kenal,blogger semarang juga Ya? aku udah baca-baca artikel di blog ini, hem bikin ngiler aja mas :) hepi blogging yah, oia ini tulisan favoritku: Tempat Unik Rasa Asik Harga Klasik

    BalasHapus

Please Leave a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies