My BLOG
this site the web

Minggu, 20 Desember 2009

Kopi Khas Nusantara




Kopi Luwak, Kopi Khas Nusantara



Kopi Luwak memang bukan sembarang jenis kopi. Kopi yang bersahaja dan banyak yang berkata bahwa kopi yang termahal inilah merupakan kopi yang berasal dari Indonesia.
Kopi yang berasal dari binatang Luwak (atau ada yang menyebutnya musang luwak) ini merupakan salah satu jenis kopi nusantara yang termahal tetapi juga kopi yang memiliki rasa (taste) dan juga aroma yang lebih khas dan lebih enak tentunya dibandingkan dengan jenis kopi yang lain. Banyak para pecinta kopi yang rela mengeluarkan uang hanya untuk menikmati kelezatan kopi ini. Tidak hanya dari Indonesia saja yang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk menikmati kelezatan kopi ini bahkan di Negara Paman Sam sama.
Tetapi sebenarnya bagaimanakah proses pengolahan kopi luwak ini dari biji kopi hingga dapat menghasilkan kopi yang enak dan juga mahal tersebut ??


Luwak atau musang luwak merupakan salah satu jenis binatang musang dan merupakan binatang nocturnal.
Dari binatang inilah dihasilkan kopi yang terkenal dan yang mahal serta enak. Nama kopi tersebut adalah kopi luwak. Kopi luwak ini memang berasal dari binatang ini, lebih tepatnya kopi luwak berasal dari kotoran binatang ini. Tetapi jangan merasa jijik dan kecewa terlebih dahulu. Beginilah prosesnya mulai dari biji kopi sampai dengan menghasilkan kopi yang lezat.


Pertama-tama musang luwak akan memilih buah kopi yang sudah matang dan memakannya. Setelah dimakan dan masuk perutnya, di saat inilah dikatakan oleh para ahli bahwa buah kopi tadi difermentasi secara alami oleh musang luwak dan juga dikatakan bahwa proses inilah yang menyebabkan kopi luwak memiliki taste yang beda dengan kopi lainnya. Setelah itu muncul biji kopi luwak yang didapat dari kotoran luwak atau buah kopi yang tidak tercerna sempurna yang lengkap dengan kulit ari dan kemudian dibersihkan dan dikupas. Voila! sudah deh jadi biji kopi luwaknya dan siap untuk dijadikan sebagai kopi yang enak.

Lalu mengapa dikatakan sebagai kopi termahal, karena prosesnya yang alami dari kotoran luwak maka hasilnya pun tidak sebanyak kopi yang lain. Dalam setahun biji kopi luwak ini hanya dapat dihasilkan dalam hitungan ton jadi kopi dapat dikatakan langka. Itulah yang menyebabkan harganya yang mahal.
Jadi kesimpulannya kopi luwak ini merupakan kopi yang berasal dari kotoran luwak. Tapi eitsss masih dilindungi oleh kulit ari yang kemudian dikupas dan dibersihkan. Jadi benar-benar bersih. Karena jumlah produksinya yang kecil inilah yang menyebabkan kopi ini mahal harganya.

Yah!! Kira-kira begitulah sekilas cerita tentang kopi luwak… semoga memberi informasi yang cukup berarti… Thanks……

3 komentar:

  1. Mantap kang tulisannya,saya juga posting tentang kopi nusantara neh,semoga bisa melengkapi artikel di blog ini "Foto Kopi" Dari Indonesia

    BalasHapus
  2. Blogie walking neh sambil memperkenalkan pernikahan adat yang ada di Indonesia.

    BalasHapus
  3. Kemarin barusan liat stan kopi luwak di pameran agribisnis Senayan. Sayangnya nggak ada sampel ya. Mahal soalnya ya.

    BalasHapus

Please Leave a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies